Cara Mencari Referensi Skripsi Di Internet Paling Mudah & Paling Simpel

Cara Mencari Referensi Skripsi Di Internet Paling Mudah & Paling Simpel

Mencari Referensi Skripsi Melalui Internet

Untuk anda yang sekarang sedang menjalani semester akhir di dunia pendidikan tingkat tinggi (universitas) mungkin akan dipusingkan dengan yang namanya skripsi.

Ya, skripsi ini memang merupakan tugas akhir yang harus diselesaikan oleh setiap mahasiswa yang sudah menjalani pendidikan tahap akhir, dimana dalam pembuatan skripsi sendiri tidak bisa dianggap remeh.

Sebab dalam penyusunan skripsi ini harus memuat data-data serta semua informasi dukungan secara lengkap dan jelas.

Kenapa skripsi tidak boleh dibuat secara asal-asalan?

Jawabannya sudah pasti, yaitu karena hasil akhir dari pembuatan skripsi ini akan sangat berpengaruh terhadap lulus tidaknya anda didalam satuan pendidikan tahun itu.

Selain itu, hasil akhir skripsi juga akan dimintai pertanggung jawabannya secara rinci pada sidang skripsi nantinya, dimana semua penguji atau jurinya nanti akan memberikan banyak sekali pertanyaan kepada anda, seputar tugas skripsi yang telah anda buat.

Sampai sejauh mana anda menguasai materi skripsi, dan sejauh mana pemahaman anda mengenai skripsi yang sudah anda buat.

Oleh karena dalam pembuatan skripsi yang cukup rumit, yaitu harus mengumpulkan data-data secara lengkap, maka bukan tidak mungkin dalam pembuatannya anda akan selalu berurusan dengan yang namanya perpustakaan dan buku-buku.

Sebab buku-buku didalam perpustakaan biasanya selalu menjadi incaran mahasiswa semester akhir untuk digunakan sebagai bahan referensi skripsi.

Namun walaupun tersedia ratusan buku-buku didalam perpustakaan, anda mungkin akan menemui beberapa sub-materi skripsi yang bahan referensinya sulit untuk ditemukan, sekalipun dari buku-buku perpustakaan.

Nah lalu bagaimana solusinya?

Sebenarnya caranya sangatlah mudah. Karena saat ini kita hidup di zaman teknologi informasi, maka kita bisa memanfaatkan fasilitas internet yang ada saat ini.

Anda bisa langsung mencari informasi apa saja yang anda perlukan, maka nantinya semua materi yang anda minta akan dipaparkan secara lengkap didalam internet.

Tapi ada masalahnya lagi lho, yaitu kadang kala kita tidak bisa menemukan materi secara utuh dalam artian, materi yang kita cari hanya segelintir saja (tidak lengkap) dan juga biasanya materi tersebut tercampur kedalam pembahasan-pembahasan lainnya yang tidak masuk kedalam sub-materi skripsi.

Alhasil, bukannya mendapat sumber referensi yang tepat, malah kita mendapat pembahasan yang arahnya semakin jauh dari materi skripsi kita.

Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba memberikan sedikit tips bagaimana mendapatkan sumber referensi skripsi melalui internet:

  1. Buka web browser (Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera Mini)
  2. Ketik materi pembahasan yang ingin anda ketahui, disertai penulisan format, seperti (.pdf).
  3. Maka akan muncul beberapa situs web yang menyediakan sumber referensi sesuai dengan materi yang anda inginkan, tentunya dengan pembahasan yang lengkap dan terstruktur rapih.
  4. Selanjutnya anda bisa mendownload file tersebut agar mudah dibacanya, atau juga bisa melakukan Bookmark laman tersebut, agar mudah ditemukan nantinya.

Rumus:

Ketikan kata kunci (Keyword) materi yang anda inginkan + Format file (.pdf, .docx, .ppt, dan sebagainya).


Penutup

Saya rasa itu saja yang dapat saya sampaikan pada pembahasan mengenai cara mencari sumber referensi skripsi di internet.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda ya, jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini ke teman-teman anda di sosial media ya. Terimakasih dan sampai jumpa.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mencari Referensi Skripsi Di Internet Paling Mudah & Paling Simpel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel