Membuat Hello World di PHP

Membuat Hello World di PHP
Hello World (Hallo Dunia) memang sudah menjadi sebuah awalan dari berbagai Bahasa Pemprograman untuk dikuasai dan ini merupakan hal pertama yang dilakukan ketika belajar Bahasa Pemprograman seperti PHP (Hypertext Prepocessor) maupaun ketikan kita belajar HTML (HyperText Markup Language).

Tapi berbeda dengan HTML kita hanya perlu menuliskan kodenya dengan attribut h1 maupun ditulis secara langsung tapi di Bahasa Pemprogram PHP kita perlu menggunakan Echo untuk menampilkan Hello World yang akan dipanggil nantinya tentu saja kita juga memerlukan bantuan dari Xampp.

Xampp sendiri sering digunakan untuk membuat sebuah Aplikasi berbasis Web dengan menggunakan Bahasa Pemprogram PHP bahkan saya sendiri membuat Aplikasi berbasis Web ini ketikka saya disekolah dan sekarangpun masih membuatnya sampai selesai Sekolah saya beres..

Perlu kalian ketahui sebelum membuat Hello World di PHP kalian harus sudah mengginstal Xampp di komputer/laptop kalian. Jika di komputer/laptop kalian tidak ada Xampp, kalian bisa mengunduh dulu di www.apachefriends.org lalu sesuaikan dengan Os Windows kalian ataupun Linux/ubuntu.

Untuk penginstalan seperti biasa kalian hanya perlu Klik Next tentu harus dibaca dulu biar nanti tidak terjadi hal yang tidak di inginkan. Disini saya anggap kalian sudah berhasil menginstal Xampp dan sekarang kalian jalankan Program Xampp tinggl di klik Xampp Control Panel lalu jalankan Apache dan MySQL.

Setelah itu kalian buat File dengan nama index.php bisa menggunakan Sublime Text ataupun Text Editor lainnya. Untuk tempat simpan nya kalian simpan di C:\xampp\htdocs jangan lupa kasih folder dulu biar nanti manggilnya tidak keliru. Misalnya C:\xampp\htdocs\tutorial

Membuat Hello World di PHP


Kalian bisa mengetikkan kode dibawah maupun langsung copas tapi alangkah lebih baik diketik karena bisa menghafal penerapan kodenya dan tidak akan lupa.

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Hello World</title>
</head>
<body>
<?php
echo "Hello World";
?>
</body>
</html>

Diatas merupakan cara yang simple tanpa perlu ditambahkan Variable "$" untuk dipanggil jika menggunakan Variable maka kodenya akan terlihat seperti ini

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Hello World</title>
</head>
<body>
<?php
$txt="Hello World";
echo $txt;
?>
</body>
</html>

Hasilnya akan terlihat seperti ini

Membuat Hello World di PHP

Untuk memanggil kode diatas kalian cukup ketikkan di Address "localhost/namafolderkalian" nanti akan muncul seperti tampilan diatas.

Belum ada Komentar untuk "Membuat Hello World di PHP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel